Pembelajaran adalah proses
transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai
penerima informasi. Ada dua pihak yang harus bekerjasama apabila proses
pembelajaan ingin berhasil. Apabila kerjasama ini tidak berjalan mulus, proses
belajar yang di inginkan gagal. Maksud gagal dalam hal ini adalah indicator
hasil belajar yang sudah ditetapkan dalam silabus tidak berhasil diraih oleh
siswa. pola kerja sama yang harus
diketahui oleh guru adalah proses pembelajaran yang bersifat dua arah pada hakikatnya adakah dua proses yang berbeda:
proses pertama, guru mengajar atau memeberikan presentasi. Proses kedua, siswa
belajar atau siswa beraktifitas.
Proses transfer pengetahuan dakam pembelajaran akan berhasil
apabila waku terlalu lama di fokuskan pada kondisi siswa beraktifitas, bukan
pada kondisi guru mengajar.
(Chatib, Munif. sekolahnya manusia: sekolah berbasis
multiple intelgences di Indonesia. 2010 Kaifa. bandung. hlm: 135)
0 komentar:
Posting Komentar