TEKNIK ANALISIS KORELASI

by 10.53 0 komentar


1.       Pengertian Korelasi
        Berasal dari bahasa Inggris correlation yang berarti hubungan/saling hubungan/hubungan timbal balik. Secara statistik, berarti hubungan antar 2 variabel (disebut Bivariate Correlation) atau lebih dari 2 variabel (disebut Multivariate Correlation). Pada bagian ini yang kita pelajari adalah Analisis korelasi bivariat (yang melibatkan 2 variabel).
2.       Arah Korelasi
                Hubungan antar 2 variabel atau lebih, dari segi arahnya dibedakan menjadi 2 macam:
-          Satu arah/searah             = korelasi positif
-          Berlawanan arah              = korelasi negatif
3.       Angka Korelasi
Korelasi antar variable dapat dinyatakan dalam sebuah angka yang dapat dijadikan petunjuk untuk mengetahui seberapa besar kekuatan korelasi di antara variabel yang sedang diselidiki korelasinya. Angka korelasi nilainya berkisar antara 0 (nol) sampai dengan ± 1,00, artinya; angka korelasi itu paling tinggi adalah ± 1,00 dan paling rendah adalah 0.
Lambangnya:
-                     Teknik Korelasi Product Moment              : 
-          Teknik Korelasi Tata Jenjang                       : 
-          Teknik Korelasi Phi                                          : 
-          Teknik Korelasi Kontingensi                         :  C/ KK
Angka yang diperoleh dari hasil perhitungan itu sifatnya relatif, yaitu  menunjukkan kuat-lemahnya hubungan  antar variabel yang sedang dikorelasikan

B. TEKNIK ANALISA KORELASI BIVARIAT
Teknik Analisis Korelasi Bivariat adalah salah satu teknik analisis statistik yang biasa dipergunakan untuk mengetahui: Apakah antara Variabel I dan Variabel II terdapat korelasi yang signifikan ataukah tidak, dan apakah hubungan termasuk hubungan yang kuat, cukup, atau lemah.
Sesuai dengan namanya, maka di sini variabel yang dicari korelasinya ada 2 buah; satu sebagai variabel independen dan variabel lainnya adalah variabel dependen.
                Teknik Korelasi Bivariat yang seringkali digunakan dalam rangka penelitian kependidikan adalah:
1. Teknik Korelasi Product Moment
2. Teknik Korelasi Rank Order (Tata jenjang)
3. Teknik Korelasi Point Biserial
4. Teknik Korelasi Phi
5. Teknik Korelasi Kontingensi.
                Dari kelima Teknik Korelasi di atas, Teknik Korelasi Product Moment merupakan salah satu teknik korelasi bivariat yang paling sering digunakan dalam kegiatan analisis data kuantitatif hasil riset pendidikan, terutama dalam rangka menguji validitas maupun reliabilitas tes hasil belajar.

TEKNIK ANALISA KORELASI PRODUCT MOMENT ( )
Adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel yang dikembangkan oleh Karl Pearson, karena itu sering kali dinamakan juga ‘korelasi Pearson’. Disebut Korelasi produk moment, karena koefisien korelasinya diperoleh dengan cara mencari hasil perkalian dari moment-moment variabel yang dikorelasikan (product of the moment).
Teknik Korelasi Product moment tepat digunakan, apabila:
a.  Variabel yang dikorelasikan, datanya berupa data kontinu (contoh: Nilai THB,  Nilai   
     Rapor, Nilai STTB, IP, IQ, dsb.);
b.  Hubungan antar variabel itu sifatnya linier;
c.  Subjek yang diteliti homogen.

a.

ahmad agus prasojo

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net