RAFTING di SUNGAI ELO edisi Bareng Kak Jo

by 13.56 0 komentar
jeram pertama di sungai elo

Beautiful and Amazing …. Itu adalah  dua kata yang pas untuk menggambarkannya. Elo adalah nama sungai yang mampu membuat saya terpesona, berada di daratan magelang, tepatnya didekat Candi Borobudur dan Candi Medut. Anda harus kesana bila belum pernah mencoba rafting, terutama bagi anda yang masih benar benar pemula, selain aman, tempatnya asik, indah dan sangat mengagumkan.
Perjalanan ini di mulai setelah saya di hubungi seorang teman, untuk ikut mencoba rafting. Dan kami berkumpul di pojok kota yogyakarta. Saya baru mengetahui anggota tim, mereka adalah Atfal, wina, fitri, ninda,kiky dan saya Kak jo.
Kami berangkat dari jogja pukul 09.45 WIB, dengan perjalanan 30 menit kami sampai rest area rafting dikampung ulu arah jalan wisata Borobudur, dan kami bertemu dengan agen kami mba’ ana, kami berbincang bincang mengenai rafting sungai elo, progo atas, dan progo bawah. Menurut mbanya, sungai elo sangat pas untuk pemula dengan Grade  : III - IV (Tiga-Empat), sungai progo atasGrade  : III - IV (Tiga-Empat) dan progo bawah untuk yang punya nyali besar dan juga profesional dengan Grade  : III - V (Tiga-Lima) dengan harga yang berfariasi sesuai agen Sungai elo antara 600-650 ribu/6 orang. Sungai progo atas sekitar 750/6 orang dan progo bawah 1jt 500 – 2jt/6 orang. dengan keunggulan masing masing dan juga asuransinya.
Setelah perbincangan itu kami di jemput oleh guide perahu  kami, yaitu mas agus, kami berangkat dengan menggunakan mobil yang sudah dilengkapi perahu yang akan kami gunakan untuk rafting. Perjalanan kami sangat asyik karena diiringi canda tawa semua anggota tim. Setelah sampai di start area, kami langsung disambut kamera DSLR sehingga kami semua langsung bergaya unyu-unyu, dan setelah puas kami breafing sebentar, mengenai cara mendayung ke depan, kebelakang, stop, terus cara penyelamatan teman yang terjatuh dari perahu, cara mengangkat teman, dan di lanjutkan dengan do’a meminta keselamatan dan kebahagiaan ketika rafting. Setelah semua anggota masuk perahu, kami memulai dengan dayung kedepan, dan kami langsung dihadapkan jeram yang pertama, kami semua berteriak, semangat kami berkobar, kami mendayung dengan sangat semangat dan kompak, setelah itu kami berhadapan dengan arungjeram yang kedua, perahu kami berputar dan bagian belakang perahu menabrak tebing karena arus yang begitu besar sehingga mengagetkan salah satu anggota kami yang paling depan sehingga tercebur ke sungai, tidak apa apa, itu aman asalkan tetap tenang dan jangan panik, karena guide kami mas Agus langsung menolong dengan mengangkat anggota yang tercebur, cara menolongnya yaitu dengan mengangkat bagian atas pelampung secara bersamaan. Perjalanan kami lanjutkan kembali dengan tetap mendayung kedepan, sambil menikmati pemandangan sekitar juga dapat melihat reptile-biawak yang sedang berjemur. Biawak ini aman tidak akan mengejar anda, jadi santai aja, dan nikmati dayungmu.
Rafting sungai Elo - dokumen pribadi

Kami beberapa kali melihat jembatan, mulai dari jembatan buatan belanda, buatan Indonesia, buatan warga yaitu Jembatan bambu yang berbentuk segitiga dan jembatan gantung yang masih menggunakan bambu,  jembatan yang memanfaatkan irigasi.
Ditengah perjalanan kami menepi untuk melihat mata air yang ada di sekitar sungai, kami mencoba untuk mencuci muka dan ternyata rasanya Nyesssss, sangat segar dan sungguh alami, sehingga banyak di manfaatkan warga untuk keperluan sehari hari. Setelah selesai kami lanjutkan rafting kami dan berhenti di tempat peristirahatan, dan menikmati es degan/es kelapa muda dan jajanan pasar yang sangat lezat. Kami juga sempatkan foto foto karena mumpung ada kameramennya yaitu mas Ahmad. Setelah kami puas menikmati jamuan peristirahatan kami melanjutkan perjalanan
Perjalanan kami lanjutkan kembali dengan penuh semangat, menaklukan jeram jeram yang kami lewati, dengan di iringi oleh urung burung sriwiti dan wallet, sehingga menambah keindahan sungai elo. Namun di tengah perjalanan kedua, kami bertemu dengan perahu yang tersangkut batu besar sehingga tidak biasa bergerak. Dan tim kami memutuskan untuk menepi dan melakukan penyelamatan.
Ketika kami sampai di tengah perjalanan sungai yang mulai menyempit kami putuskan untuk berenang sejenak, karena di area ini area yang aman untuk berenang, dan panjang sebelum jeram selajutnya sekitar 200 meter, sehingga kami berenang sekitar 15-20 menit agar tidak terbawa arus di jeram selanjutnya. Kami dayung terus mendayung sehingga sampai di area dimana kami dapat memainkan perahu kami, dengan cara tim kanan mendayung kedepan dan tim kiri mendayung kebelakang dan hasilnya perahu kami berputar putar di areajeram yang tidak terlalu deras.
Diperjalanan menuju finish kami banyak mendapatkan jeram jeram yang menantang sehingga kami berkali kali berteriak, melakukan gerakan keseimbangan, menghindari ranting dan tebing tebing sungai ketika  berada di jeram yang sangat deras.  Kami mencapai finish di sungai dekat candi mendut, sehingga ketika pulang di perjalanan kami dapat melihat candi mendut. selanjutnya kami kearah rest area kampung ulu dimana kendaraan dan barang barang kami di titipkan. Kami melakukan mandi dan ibadah(Sholat) di tempat ini, juga makan makanan yang sudah di sediakan agen kami di pondok panggung yang adan didalam kampung ulu dengan menu ayam goreng, tahu, tempe, kerupuk, pecel, dan semangka sebagai hidangan penutup. Alhamdulillah, begitu nikmat perjalanan ini. Apalagi dengan tim yang super. … hehe. Ayok kemana lagi, agenda selanjutnya saya tunggu lhoo.
Oia hal hal yang perlu kalian lakukan sebelum dan ketika rafting:
1.      Olahraga terlebih dahulu karena bahu anda akan sangan menguras tenaga ketika mendayung
2.      Tetap focus mendayung jangan liatin cewek sebelah, bisa bisa anda terjatuh dari perahu
3.      Jangan panik bila anda jatuh, karna pelampung sangat kuat menahan berat anda, dan segera mendekat ke perahu atau tepi sungai.
4.      Arah kaki sesuai arus dan kaki hadapkan depan fungsinya agar anda dapat meraba dan melindungi pantat dan tubuh dari bebatuan atupun enda benda di depan anda.
5.      Hindari ranting, jangan menantangnya karena anda dapat terluka.
6.      Jangan menggoda cewek perahu sebelah, bisa bisa anda di tenggelamkan cowoknya. Hehe
7.      Pegang dayung secara benar, karena dayung terbuat dari alumunium, jadi ketika terkena air akan sangat licin dan rawan jatuh.
8.      Selamat menikmati, dan buanglah sampah pada tepatnya. Karena sungai akan memberikan anda pengalaman untuk menantang arus dan menaklukannya, jadi pengalaman anda akan sangan berkesan dan terasa nyaman.

Sungai Elo, Magelang, 16 Maret 2014.

Kak Ojo el Cilacap

Teriak semua :)

ahmad agus prasojo

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.