Safety Pendakian Merapi - Expedisi Skripsi - IceBreaking and HaveFun Skripsi.

by 13.23 0 komentar

salam lestari agan semua.
22 maret kemarin adalah pendakian masal merapi (saya lihat dii daftar selo ada +-600 pendaki) bagi saya cukup mengerikan, karena begitu hujan reda (subuh di pasar bubrah) pendaki langsung berbaris di jalur paling kanan dan tengah arah puncak, via pasar bubrah.
padahal lajur itu sangat berbahaya karena bebatuan labilnya.
idealnya pendakian via pasar bubrah arah puncak, naik lewat lajur paling kiri yang dominasi pasir dan lajur paling mudah untuk naik puncak merapi.

team kami yang terbagi menjadi 2 kloter pendakian
kloter pertama sudah saya wanti-wanti (kasih warning) agar lewat lajur paling kiri, namun ternyata mereka menggunakan lajur paling kanan, dengan alasan ikut pendaki lain dan jalur yang ramai. sehingga ada salah satu rekan yang kejatuhan batu, tepatnya (alasan rekan saya) ia menangkap batu yang menggelinding agar tidak mengenai pendaki lain, namun fatal tangan terjepit batu yang di tangkap sehingga sobek dan pendarahan. terimakasih kepada rekan2 yang sudah membantu rekan saya saat kejatuhan batu di lajur paling kanan. kemarin  begitu sampai jogja langsung di jahit di RS. kondisi terakhir sudah baikan. namun kemarin sempat pusing dan lemas, karena hampir kekurangan darah.

kloter ke dua melakukan pendakian setelah mengistirahatkan rekan (yang terluka di kloter 1), kami melakukan pendakian lewat lajur paling kiri. alhamdulillah lebih cepat dan lebih aman, namun di  perjalanan kami sering mendengar teriakan batu jatuh dari lajur tengah dan paling kanan.

Rekan rekan semua, saya mendapatkan tips dari pendaki asal kaliurang (maaf saya lupa menanyakan namanya) namun dia bercerita sudah 10x naik merapi. saya ingin share tipsnya.
"Jalur puncak merapi via pasar bubrah terbagi menjadi 3 jalur, kanan, tengah dan kiri. lajur naik adalah yang paling kiri, dan lajur turun adalah tengah dan kanan."

saya sudah membuktikannya 2x naik puncak merapi, yang paling mudah dan cepat (memangkas waktu 2x lebih cepat dari pada lajur kanan dan tengah yang cenderung gugur dan labil bebatuannya.)

tips lainnya dari saya
1. jangan tegesa gesa, santai, nikmati dan berhati hatilah.
2. bila naik puncak via pasar bubrah, hindari pembawaan carier/tas yang masih penuh barang bawaan, bila ingn membawa tas, isilah 1 botol air mineral cukup untuk 5-6 pendaki.
3. jangan kencing/ buang air kecil di jalur pendakian, bila ingin buang air kecil, maka carilah tempat yang tidak digunakan untuk ramai pendakian.
agar jalur tetap nyaman, dan tidak berpindah ke jalur yang bermedan sulit.
4. jangan buang sampah sembarangan, termasuk bungkus madu yang menemanimu di pejalanan, bijaklah dengan alam, agar tetap  indah bila kita kembali.
5. jangan segan beritahu jalur mudah dan aman kepada pendaki lain, demi keamanan dan kenyamanan bersama.
6. hindari kegaduhan, dan kata kata kotor demi kenyamanan bersama.
7. jangan memaksakan diri, istirahatlah bila tubuh sudah terasa cape, karena kekuatan dan daya tahan tubuh ada batasnya.
8. lakukanlah persiapan fisik, sebanyak apapun pendakianmu, tubuh tetap ada batasnya, sayangi diri dan bijaklah dengan diri demi keselamatan.
9. bila mendaki bersama sama, pasanglah navigator paling depan, dan penyisir paling kuat di belakang, jangan terlalu jauh terpisah demi keamanan dan keselamatan bersama, dan terakhir jangan lupa senyum dan sapaan hangat buat seluruh pendaki yang kita temui, karena kita semua saudara, bak alam yang sudah ramah dengan kita, telah menyodorkan pemandangan dan kekhasan indahnya lajur pendakian.

salam lestari
from Joko dolok Institut

team Joko Dolok Institut

kak ojo

Salam Lestari from Joko Dolok Institut


ahmad agus prasojo

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net